Struktur Organisasi 
Download Disini

ANALISIS JABATAN PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

  1.   Ketua Program Studi S1 Keperawatan

Gambaran singkat: Ketua Program Studi S1 Keperawatan bertugas  untuk menyusun rencana, memberi petunjuk dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan dosen di lingkungan program studi berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas

Nama Jabatan : Ketua Program Studi
Wewenang : Memimpin dan melaksanakan fungsi manajerial PS seperti membuat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian proses kegiatan akademik serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya;Melakukan koordinasi dengan Ketua I Mengelola pelaksanaan pendidikan program studi dengan melibatkan stakeholder internal  yaitu sebagai penentu kompetensi dan kurikulum PS, berperan menjalankan amanah undang-undang Sistem Pendidikan Nasional dan wahana mencapai kompetensi serta baku mutu pendidikan.  
Tanggung jawab : Melakukan koordinasi dengan ketua  bidang akademik dalam perencanaan, dan pelaksanakan proses kegiatan akademik.Melakukan koordinasi dan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan  akademik Melakukan perencanaan dan pembinaan tenaga dosendi program studi
Uraian tugas : Koordinasi semua stakeholder untuk mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum yang disusunKoordinasi dengan Ketua I bidang akademik dan Lembaga Penjaminan Mutu dalam melakukan penjaminan mutu akademik;Koordinasi dengan Ketua I bidang akademik  dalam menyusun rencana dan program kerja Program Studi sebagai pedoman kerja;Mengembangkan mutu pendidikan;Menyusun rencana dan koordinasi kegiatan pelaksanaan praktikum/stase lapangan mahasiswa;Koordinasi penyusunan konsep Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berdasarkan ketentuan yang berlaku;Menyusun distribusi  tugas perkuliahan dan beban mengajar dosen;Menyusun instrumen monitoring pelaksanaan perkuliahan dan implementasinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan mutu Program Studi;Monitoring dan pencapaian kompetensi dan menentukan keberhasilan studi mahasiswa, serta melakukan evaluasi terhadap lama studi para mahasiswa;Masukan tentang kinerja para dosen dan karyawan administrasi kepada Ketua II;Pemberian dan atau pengusulan sanksi untuk mahasiswa sesuai aturan yang berlaku;Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua I dan LPM dalam persiapan Akreditasi Program Studi; Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua III dalam penerimaan Mahasiswa Baru;Pengusulan perencanaan dan pengembangan SDM;Pengelolaan surat-surat yang berkaitan dengan mahasiswa (ijin cuti, ijin, perpanjangan studi, dan kegiatan-kegiatan mahasiswa).
Hubungan link Keatas : Ketua STIKes, Ketua I, Ketua II, Ketua III
Hubungan link Kebawah : Sekertaris Prodi, Koordinator praktik , admin prodi dan PJMK Mata Kuliah
Hubungan link Sejajar : Ketua Program Studi Lainnya
  •   Sekretaris Program Studi S1 Keperawatan
Nama Jabatan : Sekretaris Program Studi
Tanggung jawab : Membantu tugas – tugas ketua program studi, penyelenggaraan pendidikan yang berkaitan dengan staf/ pengajaran, mahasiswa dan kegiatan perkuliahan
Uraian tugas : Menyusun kalender akademik dan memantau kelancaran pelaksanaan kegiatanMenyiapkan kurikulum dan pengembangan kurikulumMerencanakan kegiatan tiap semester : kontrak program, perkuliahan, ujian semester dan yudisiumMengkoordinasikan dosen pengampu, distribusi mata kuliah dan beban kerja dosenMengkoordinasikan pembuatan silabus, SAP, handout/ modulMerencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan ujian akhir program dan uji kompetensiMengkoordinasikan pelaksanaan praktik klinik dan komunitasMenentukan dosen pembimbing akademik/ praktik dan tugas akhirMelakukan pengadministrasian dan pengendalian nilai mata kuliah mahasiswaMelaksanakan evaluasi kegiatan perkuliahan, ujian , cuti, drop outMemonitor kegiatan pembinaan kesejahteraan mahasiswaMenyelesaikan permasalahan mahasiswa terkait dengan akademikMengimplementasikan system penjaminan mutu internal kampus dilingkungan program studiMelaporkan aktivitas sekertaris program studi kepada ketua program studiMembuat laporan evaluasi diri tiap tahun  
Hubungan link Keatas : Ketua I, Ketua Program Studi
Hubungan link Kebawah : Koordinator praktik , admin prodi dan PJMK Mata Kuliah
Hubungan link Sejajar : Sekretaris  Program Studi Lainnya
  •   Koordinator Praktik Klinik
Nama Jabatan : Koordinator Praktik Klinik
Tanggung jawab : Membantu tugas – tugas ketua program studi penyelenggaraan praktik klinik  keperawatan
Uraian tugas : Merencanakan lokasi Praktik KlinikMelobi Praktik KlinikMempersiapkan praklinik (Daftar kompetensi, pembagian penguji, jadwal praklinik, pembagian kelompok mhs u/ praklinik)           4. Merekap nilai praklinik dan nilai praktik klinik 5. Merekap fee praklinik 6. Mengklarifikasi kembali Lahan Praktik klinik Membuat daftar kelompok dan distribusi pembimbing,daftar rotasi,format penilaianMempersiapkan orientasi pada lahan Praktik klinikKoordinator pengambilan  nilai Praktik Klinik di lahan praktikMerekap SPJ praktik klinikMengevaluasi pelaksanaan praklinik dan praktik klinikMembuat laporan  bulanan, triwulan dan akhir tahun bersama Ka. Prodi
Hubungan link Keatas : Ketua Program Studi, sekretaris program studi
Hubungan link Kebawah : Pembimbing praktik klinik
Hubungan link Sejajar : Admin program studi
  •  Admin program studi
Nama Jabatan : Admin program studi
Tanggung jawab : Membantu ketua program studi dalam mengelola administrasi penyelenggaraan pendidikan di program studi
Uraian tugas : Membuat presensi mahasiswa Membantu kelancaran perkuliahan dan ujianMelaksanakan registrasi Adm. Akademik mahasiswa Membantu dalam penyusunan jadwal kuliah.Melakukan rekapitulasi absensi mhs dan dosen luar dan dalam Merekap dan mengumumkan tatap muka mahasiswa yang kurang dari 75% dan tidak boleh mengikuti ujian akhir semester.Membantu pembuatan jadwal ujian tengah semester maupun akhir semester (UTS / UAS), membuat pengumuman persyaratan UASMenyiapkan berita acara UTS dan UAS sekaligus merekap dan mengarsipMengkoordinir naskah soal untuk ujianMelakukan rekapitulasi honor pengawas, soal, dan honor dosen luarMemproses surat-surat ijin penelitian, studi literatur, permohonan data, keterangan masih kuliah mahasiswaMembantu mengingatkan dosen yang akan mangajar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.Membantu menyusun daftar PA dan menyiapkan format untuk PAMembuat SK mengajar dosen luar dan dalam beserta pengarsipanKoordinasi dengan PJMK untuk mengumpulkan biodata dosen luar.Membuat SPJ PK  
Hubungan link Keatas : Ketua Program Studi, sekretaris program studi, BAAK
Hubungan link Kebawah :
Hubungan link Sejajar : Admin program studi lain
  • Ketua Departemen Keilmuan
Nama Jabatan : Ketua Departemen Keilmuan
Tanggung jawab : Menyusun dan melaksanakan program kerja Departemen;  
Uraian tugas : Mengoordinasikan seluruh kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkup Departemen;Memonitor dan melakukan evaluasi pelaksanaan program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;Melaksanakan pengembangan keilmuan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;Mengatur pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkup departemen baik dalam bidang akademik maupun profesi;Mengatur distribusi tenaga pendidik untuk menjaga kelancaran pendidikan terutama pembelajaran pada disiplin ilmu yang terkait;Dalam melaksanakan tugasnya kepala departemen dibantu oleh satu atau lebih penanggungjawab pendidikan (PJP) untuk mengoordinasikan pembelajaran dengan program studi yang menggunakan departemen terkait dalam proses belajar mengajarnya,  
Hubungan link Keatas : Ketua Program Studi, sekretaris program studi
Hubungan link Kebawah : Dosen
Hubungan link Sejajar : Ketua Departemen lainnya
  • Penanggung Jawab Mata Kuliah
Nama Jabatan : Penanggung jawab mata kuliah
Tanggung jawab : Mengelola administrasi kegiatan pendidikan secara efektif dan efisien untuk kepentingan masing-masing mata ajar yang diampu.
Uraian tugas : Menyusun RPS dan RPPMenyusun kontrak perkuliahanMenyusun materiMengidentifikasi dosen pengajar dan melobi dosenMenyerahkan daftar dosen pengajar ke prodi untuk pembuatan SK mengajarMenyerahkan biodata dosen pengajar pada admin prodi Koordinasi dengan dosen pengajar untuk pembuatan soal UTS dan UASMengevaluasi proses pembelajaran  sesuai dengan mata ajar yang diampuUpload nilai pada SIAKAD  
Hubungan link Keatas : Ketua Program Studi, sekretaris program studi
Hubungan link Kebawah : Tim dosen
Hubungan link Sejajar : PJMK lainnya
  1. ANALISIS JABATAN PROGRAM STUDI  S1 KEPERAWATAN DAN PROFESI NERS
    1. Ketua Program Studi S1 Keperawatan

Gambaran singkat: Ketua Program Studi S1 Keperawatan bertugas  untuk menyusun rencana, memberi petunjuk dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan dosen di lingkungan program studi berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas

Nama Jabatan : Ketua Program Studi Profesi Ners
Wewenang : Memimpin dan melaksanakan fungsi manajerial PS seperti membuat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian proses kegiatan akademik serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya;Melakukan koordinasi dengan Ketua I Mengelola pelaksanaan pendidikan program studi dengan melibatkan stakeholder internal  yaitu sebagai penentu kompetensi dan kurikulum PS, berperan menjalankan amanah undang-undang Sistem Pendidikan Nasional dan wahana mencapai kompetensi serta baku mutu pendidikan.
Tanggung jawab : Melakukan koordinasi dengan ketua  bidang akademik dalam perencanaan, dan pelaksanakan proses kegiatan praktik profesiMelakukan koordinasi dan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan  praktik profesiMelakukan perencanaan dan pembinaan tenaga dosen pembimbing di program studi
Uraian tugas : Koordinasi semua stakeholder untuk mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum yang disusunKoordinasi dengan Ketua I bidang akademik dan Lembaga Penjaminan Mutu dalam melakukan penjaminan mutu akademik di profesi;Koordinasi dengan Ketua I bidang akademik  dalam menyusun rencana dan program kerja Program Studi sebagai pedoman kerja;Mengembangkan mutu pendidikan;Menyusun rencana dan koordinasi kegiatan praktik profesi  mahasiswa;Koordinasi penyusunan konsep Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berdasarkan ketentuan yang berlaku;Menyusun distribusi  pembimbing;Menyusun instrumen monitoring pelaksanaan bimbingan dan implementasinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan mutu Program Studi;Monitoring dan pencapaian kompetensi dan menentukan keberhasilan studi mahasiswa, serta melakukan evaluasi terhadap lama studi para mahasiswa selama profesi;Masukan tentang kinerja para dosen dan karyawan administrasi kepada Ketua II;Pemberian dan atau pengusulan sanksi untuk mahasiswa sesuai aturan yang berlaku;Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua I dan LPM dalam persiapan Akreditasi Program Studi;Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua III dalam penerimaan Mahasiswa Baru;Pengusulan perencanaan dan pengembangan SDM;Pengelolaan surat-surat yang berkaitan dengan mahasiswa (ijin cuti, ijin, perpanjangan studi, dan kegiatan-kegiatan mahasiswa).
Hubungan link Keatas : Ketua STIKes, Ketua I, Ketua II, Ketua III
Hubungan link Kebawah : Sekertaris Prodi, PJMK mata kuliah, pembimbing praktik
Hubungan link Sejajar : Ketua Program Studi Lainnya
  • Sekretaris Program Studi Profesi Ners
Nama Jabatan : Sekretaris Program Studi Profesi Ners
Tanggung jawab : Membantu tugas – tugas ketua program studi, penyelenggaraan pendidikan profesi Ners
Uraian tugas : Mengikuti rapat secara periodik di tingkat prodi.Mengikuti rapat pleno pimpinan prodi.Menyampaikan laporan hasil kerja kepada Pimpinan Prodi.Membuat proposal Praktik Klinik, Mapping Praktik Klinik, dan Monev hasil Praktik KlinikMengembangkan dan mengelola sistem administrasi perkantoran dan persuratan di tingkat program studi.Mewakili Program Studi dalam hubungannya dengan pihak luar.Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders.Melakukan koordinasi secara rutin dengan staf di tingkat unit.Menyusun laporan pertanggungjawaban setiap tahun.Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja secara keseluruhan.Melakukan pengarsipan dokumen  
Hubungan link Keatas : Ketua STIKes, Ketua I, Ketua II, Ketua III
Hubungan link Kebawah : Sekertaris Prodi, PJMK mata kuliah, pembimbing praktik
Hubungan link Sejajar : Ketua Program Studi Lainnya