Gambaran singkat: Ketua
Program Studi S1 Keperawatan bertugas
untuk menyusun rencana, memberi petunjuk dan mengevaluasi pelaksanaan
kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan dosen di lingkungan
program studi berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan
tugas
Nama Jabatan
:
Ketua
Program Studi
Wewenang
:
Memimpin dan melaksanakan fungsi manajerial PS
seperti membuat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian
proses kegiatan akademik serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya;Melakukan koordinasi dengan Ketua I Mengelola
pelaksanaan pendidikan program studi dengan melibatkan stakeholder
internal yaitu sebagai penentu kompetensi dan kurikulum PS,
berperan menjalankan amanah undang-undang Sistem Pendidikan Nasional dan
wahana mencapai kompetensi serta baku mutu pendidikan.
Tanggung jawab
:
Melakukan koordinasi dengan ketua bidang akademik dalam perencanaan, dan
pelaksanakan proses kegiatan akademik.Melakukan koordinasi dan monitoring terhadap
pelaksanaan kegiatan akademik Melakukan perencanaan dan pembinaan tenaga dosendi
program studi
Uraian tugas
:
Koordinasi semua stakeholder untuk
mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum yang
disusunKoordinasi dengan Ketua I bidang akademik dan
Lembaga Penjaminan Mutu dalam melakukan penjaminan mutu akademik;Koordinasi dengan Ketua I bidang akademik dalam menyusun rencana dan program kerja
Program Studi sebagai pedoman kerja;Mengembangkan mutu pendidikan;Menyusun rencana dan koordinasi kegiatan
pelaksanaan praktikum/stase lapangan mahasiswa;Koordinasi penyusunan konsep Rencana
Pembelajaran Semester (RPS) berdasarkan ketentuan yang berlaku;Menyusun distribusi tugas perkuliahan dan beban mengajar dosen;Menyusun instrumen monitoring pelaksanaan
perkuliahan dan implementasinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk
meningkatkan mutu Program Studi;Monitoring dan pencapaian kompetensi dan
menentukan keberhasilan studi mahasiswa, serta melakukan evaluasi terhadap
lama studi para mahasiswa;Masukan tentang kinerja para dosen dan
karyawan administrasi kepada Ketua II;Pemberian dan atau pengusulan sanksi untuk
mahasiswa sesuai aturan yang berlaku;Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua
I dan LPM dalam persiapan Akreditasi Program Studi; Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan
Ketua III dalam penerimaan Mahasiswa Baru;Pengusulan perencanaan dan pengembangan SDM;Pengelolaan
surat-surat yang berkaitan dengan mahasiswa (ijin cuti, ijin, perpanjangan
studi, dan kegiatan-kegiatan mahasiswa).
Hubungan link Keatas
:
Ketua STIKes, Ketua I, Ketua II, Ketua III
Hubungan link Kebawah
:
Sekertaris Prodi, Koordinator praktik , admin prodi
dan PJMK Mata Kuliah
Hubungan link Sejajar
:
Ketua
Program Studi Lainnya
Sekretaris Program Studi S1 Keperawatan
Nama Jabatan
:
Sekretaris
Program Studi
Tanggung jawab
:
Membantu tugas – tugas ketua program studi, penyelenggaraan
pendidikan yang berkaitan dengan staf/ pengajaran, mahasiswa dan kegiatan
perkuliahan
Uraian tugas
:
Menyusun kalender
akademik dan memantau kelancaran pelaksanaan kegiatanMenyiapkan kurikulum
dan pengembangan kurikulumMerencanakan
kegiatan tiap semester : kontrak program, perkuliahan, ujian semester dan
yudisiumMengkoordinasikan
dosen pengampu, distribusi mata kuliah dan beban kerja dosenMengkoordinasikan
pembuatan silabus, SAP, handout/ modulMerencanakan dan
mengkoordinasikan kegiatan ujian akhir program dan uji kompetensiMengkoordinasikan
pelaksanaan praktik klinik dan komunitasMenentukan dosen
pembimbing akademik/ praktik dan tugas akhirMelakukan
pengadministrasian dan pengendalian nilai mata kuliah mahasiswaMelaksanakan
evaluasi kegiatan perkuliahan, ujian , cuti, drop outMemonitor kegiatan
pembinaan kesejahteraan mahasiswaMenyelesaikan
permasalahan mahasiswa terkait dengan akademikMengimplementasikan
system penjaminan mutu internal kampus dilingkungan program studiMelaporkan aktivitas
sekertaris program studi kepada ketua program studiMembuat laporan
evaluasi diri tiap tahun
Hubungan link Keatas
:
Ketua I, Ketua Program Studi
Hubungan link Kebawah
:
Koordinator praktik , admin prodi dan PJMK Mata
Kuliah
Hubungan link Sejajar
:
Sekretaris Program Studi Lainnya
Koordinator Praktik Klinik
Nama Jabatan
:
Koordinator
Praktik Klinik
Tanggung jawab
:
Membantu tugas – tugas ketua program studi penyelenggaraan
praktik klinik keperawatan
Uraian tugas
:
Merencanakan lokasi Praktik KlinikMelobi Praktik KlinikMempersiapkan praklinik (Daftar kompetensi,
pembagian penguji, jadwal praklinik, pembagian kelompok mhs u/ praklinik)
4. Merekap nilai praklinik dan nilai
praktik klinik
5. Merekap fee praklinik
6.
Mengklarifikasi kembali Lahan Praktik klinik
Membuat daftar kelompok dan distribusi
pembimbing,daftar rotasi,format penilaianMempersiapkan orientasi pada lahan Praktik klinikKoordinator pengambilan nilai Praktik Klinik di lahan praktikMerekap SPJ
praktik klinikMengevaluasi
pelaksanaan praklinik dan praktik klinikMembuat
laporan bulanan, triwulan dan akhir
tahun bersama Ka. Prodi
Hubungan link Keatas
:
Ketua Program Studi, sekretaris program studi
Hubungan link Kebawah
:
Pembimbing praktik klinik
Hubungan link Sejajar
:
Admin program studi
Admin program studi
Nama Jabatan
:
Admin program studi
Tanggung jawab
:
Membantu ketua
program studi dalam mengelola administrasi penyelenggaraan pendidikan di
program studi
Uraian tugas
:
Membuat presensi mahasiswa Membantu kelancaran perkuliahan dan ujianMelaksanakan registrasi Adm. Akademik mahasiswa Membantu dalam penyusunan jadwal kuliah.Melakukan rekapitulasi absensi mhs dan dosen luar
dan dalam Merekap dan mengumumkan tatap muka mahasiswa yang
kurang dari 75% dan tidak boleh mengikuti ujian akhir semester.Membantu pembuatan jadwal ujian
tengah semester maupun akhir semester (UTS / UAS), membuat pengumuman
persyaratan UASMenyiapkan berita acara UTS dan UAS
sekaligus merekap dan mengarsipMengkoordinir naskah soal untuk ujianMelakukan rekapitulasi honor pengawas, soal, dan
honor dosen luarMemproses surat-surat ijin penelitian, studi
literatur, permohonan data, keterangan masih kuliah mahasiswaMembantu mengingatkan dosen yang akan mangajar
sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.Membantu menyusun daftar PA dan menyiapkan format
untuk PAMembuat SK mengajar dosen luar dan dalam beserta
pengarsipanKoordinasi
dengan PJMK untuk mengumpulkan biodata dosen luar.Membuat SPJ PK
Hubungan link Keatas
:
Ketua Program Studi, sekretaris program studi,
BAAK
Hubungan link Kebawah
:
–
Hubungan link Sejajar
:
Admin program studi lain
Ketua
Departemen Keilmuan
Nama Jabatan
:
Ketua
Departemen Keilmuan
Tanggung jawab
:
Menyusun dan melaksanakan program kerja
Departemen;
Uraian tugas
:
Mengoordinasikan
seluruh kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkup
Departemen;Memonitor
dan melakukan evaluasi pelaksanaan program pendidikan, penelitian, dan
pengabdian kepada masyarakat;Melaksanakan
pengembangan keilmuan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;Mengatur
pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkup departemen
baik dalam bidang akademik maupun profesi;Mengatur
distribusi tenaga pendidik untuk menjaga kelancaran pendidikan terutama
pembelajaran pada disiplin ilmu yang terkait;Dalam
melaksanakan tugasnya kepala departemen dibantu oleh satu atau lebih
penanggungjawab pendidikan (PJP) untuk mengoordinasikan pembelajaran dengan
program studi yang menggunakan departemen terkait dalam proses belajar
mengajarnya,
Hubungan link Keatas
:
Ketua Program Studi, sekretaris program studi
Hubungan link Kebawah
:
Dosen
Hubungan link Sejajar
:
Ketua Departemen lainnya
Penanggung
Jawab Mata Kuliah
Nama Jabatan
:
Penanggung
jawab mata kuliah
Tanggung jawab
:
Mengelola administrasi kegiatan pendidikan
secara efektif dan efisien untuk kepentingan masing-masing mata ajar yang
diampu.
Uraian tugas
:
Menyusun RPS dan RPPMenyusun kontrak perkuliahanMenyusun materiMengidentifikasi dosen pengajar dan melobi dosenMenyerahkan daftar dosen pengajar ke prodi untuk
pembuatan SK mengajarMenyerahkan biodata dosen pengajar pada admin prodi Koordinasi dengan dosen pengajar untuk pembuatan
soal UTS dan UASMengevaluasi proses pembelajaran sesuai dengan mata ajar yang diampuUpload nilai pada SIAKAD
Hubungan link Keatas
:
Ketua Program Studi, sekretaris program studi
Hubungan link Kebawah
:
Tim dosen
Hubungan link Sejajar
:
PJMK lainnya
ANALISIS JABATAN PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN DAN PROFESI NERS
Ketua
Program Studi S1 Keperawatan
Gambaran singkat: Ketua
Program Studi S1 Keperawatan bertugas
untuk menyusun rencana, memberi petunjuk dan mengevaluasi pelaksanaan
kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan dosen di lingkungan
program studi berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan
tugas
Nama Jabatan
:
Ketua
Program Studi Profesi Ners
Wewenang
:
Memimpin dan melaksanakan fungsi manajerial PS
seperti membuat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian
proses kegiatan akademik serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya;Melakukan koordinasi dengan Ketua I Mengelola
pelaksanaan pendidikan program studi dengan melibatkan stakeholder
internal yaitu sebagai penentu kompetensi dan kurikulum PS,
berperan menjalankan amanah undang-undang Sistem Pendidikan Nasional dan
wahana mencapai kompetensi serta baku mutu pendidikan.
Tanggung jawab
:
Melakukan koordinasi dengan ketua bidang akademik dalam perencanaan, dan
pelaksanakan proses kegiatan praktik profesiMelakukan koordinasi dan monitoring terhadap
pelaksanaan kegiatan praktik profesiMelakukan perencanaan dan pembinaan tenaga dosen
pembimbing di program studi
Uraian tugas
:
Koordinasi semua stakeholder untuk
mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum yang
disusunKoordinasi dengan Ketua I bidang akademik dan
Lembaga Penjaminan Mutu dalam melakukan penjaminan mutu akademik di profesi;Koordinasi dengan Ketua I bidang akademik dalam menyusun rencana dan program kerja
Program Studi sebagai pedoman kerja;Mengembangkan mutu pendidikan;Menyusun rencana dan koordinasi kegiatan praktik
profesi mahasiswa;Koordinasi penyusunan konsep Rencana
Pembelajaran Semester (RPS) berdasarkan ketentuan yang berlaku;Menyusun distribusi pembimbing;Menyusun instrumen monitoring pelaksanaan bimbingan
dan implementasinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan
mutu Program Studi;Monitoring dan pencapaian kompetensi dan
menentukan keberhasilan studi mahasiswa, serta melakukan evaluasi terhadap
lama studi para mahasiswa selama profesi;Masukan tentang kinerja para dosen dan
karyawan administrasi kepada Ketua II;Pemberian dan atau pengusulan sanksi untuk
mahasiswa sesuai aturan yang berlaku;Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua
I dan LPM dalam persiapan Akreditasi Program Studi;Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua
III dalam penerimaan Mahasiswa Baru;Pengusulan perencanaan dan pengembangan SDM;Pengelolaan
surat-surat yang berkaitan dengan mahasiswa (ijin cuti, ijin, perpanjangan
studi, dan kegiatan-kegiatan mahasiswa).
Hubungan link Keatas
:
Ketua STIKes, Ketua I, Ketua II, Ketua III
Hubungan link Kebawah
:
Sekertaris Prodi, PJMK mata kuliah, pembimbing
praktik
Hubungan link Sejajar
:
Ketua
Program Studi Lainnya
Sekretaris
Program Studi Profesi Ners
Nama Jabatan
:
Sekretaris
Program Studi Profesi Ners
Tanggung jawab
:
Membantu tugas – tugas ketua program studi, penyelenggaraan
pendidikan profesi Ners
Uraian tugas
:
Mengikuti
rapat secara periodik di tingkat prodi.Mengikuti
rapat pleno pimpinan prodi.Menyampaikan
laporan hasil kerja kepada Pimpinan Prodi.Membuat
proposal Praktik Klinik, Mapping Praktik Klinik, dan Monev hasil Praktik
KlinikMengembangkan
dan mengelola sistem administrasi perkantoran dan persuratan di tingkat
program studi.Mewakili
Program Studi dalam hubungannya dengan pihak luar.Mewujudkan
tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders.Melakukan
koordinasi secara rutin dengan staf di tingkat unit.Menyusun
laporan pertanggungjawaban setiap tahun.Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi terhadap
pelaksanaan program kerja secara keseluruhan.Melakukan pengarsipan dokumen
Hubungan link Keatas
:
Ketua STIKes, Ketua I, Ketua II, Ketua III
Hubungan link Kebawah
:
Sekertaris Prodi, PJMK mata kuliah, pembimbing
praktik